26 June

Buku Penunjang Ujian Sekolah (USM) SD-MI Sesuai dengan Kisi-Kisi USM 2016/2017



Adhik-adhik siswa-siswi SD/MI sederajat yang saya cintai khususnya yang menapaki di kelas 6, saya ucapkan selamat atas kenaikan jenjang kelas kalian. Semoga dengan menjadi siswa kelas 6 kalian tambah dewasa dan semakin mengerti akan kewajiban-kewajiban yang akan kalian tunaikan selama di kelas 6 ini.Saya mengharapkan pada kalian untuk selalu belajar dengan giat, tekun, dan selalu melakukan hal-hal yang baik demi cita-cita yang akan datang.

Adhik-adhik yang saya cintai, melihat hasil Ujian Sekolah/Madrasah (US/M) tahun 2016 ini secara umum mengalami penurunan dibanding tahun sebelumnya. Entah karena apa sehingga hasil Ujian Sekolah/Madrasah (US/M) tahun 2016 ini menurun. Yang pasti karena banyak faktor. Setelah kami menyimak dengan latar belakang dan hasil yang US/M yang diperoleh, dapat ditarik beberapa kesimpulan antara lain sebagai berikut.


1. Adanya penyatuan soal dengan kurikulum 2006 (KTSP) dengan Kurikulum 2013 sehingga banyak guru yang bingung dengan penyatuan ini.Akibatnya banyak guru yang tidak fokus untuk mengajarkan materi mana yang akn diajarkan kepada siswa. Dampaknya guru kurang waktu dalam mengajar siswa.


2. Kisi-kisi dan Indikator US/M yang sangat banyak sekitar 60 indikator, padahal hanya terdpat 40 soal yang akan diujikan. Sehingga hal ini ekstra belajar siswa. Perlu diingat pula bahwa setiap indikator kadang bisa dibuat lebih dari satu soal.


3. Munculnya soal-soal bertipe penalaran yang jarang sekali dikeluarkan pada tahun-tahun sebelumnya. Perlu diketahui soal-soal US/M 2016 terdapat beberapa soal yang bertipe penalaran. Bentuk soalnya pun tak terduga dan jarang ditemui di buku-buku teks atau buku latihan siswa.


4. Faktor dari siswa yang kurang latihan, kurang belajar dan sebagian yang mengandalkan bocoran kunci jawaban (padahal sangat gak mungkin soal akan bocor)
Dan masih banyak lagi faktor yang lainnya.

Nah terus, bagaimana dengan sikap kalian ke depan?  
Tentunya kalian harus lebih baik daripada kakak-kakakmu yang sudah lulus kemarin. Niatkan diri kalian untuk memperoleh hasil Ujian Sekolah/Madrasah yang lebih baik.
Bagaimana Caranya? 
Kunci sukses dalam menghadapi Ujian Sekolah/Madrasah 2017 ke depan tergantung langkah kalian detik ini. Ini langkah-langkah yang harus kalian lakukan.
1. Jangan menunda-nunda waktu untuk belajar. Mulailah dari sekarang
2. Carilah bahan belajar (buku penunjang US/M) yang sesuai dengan kisi-kisi USM 2016/2017 atau buku banyak yang mengacu pada soal-soal US/M sebelumnya.
3. Kerjakan soal-soal latihan yang ada, dan tanyakan apabila ada soal yang tidak bisa kamu jawab, baik kepada teman atau bapak/ibu guru.
4. Bersikaplah yakin, optimis dan PeDe alias jangan takut dan pesimis. 



Jika kalian masih ragu untuk mencari referensi buku yang bermutu, akan kami beri informasi buku penunjang US/M yang bermutu baik dan terekomendasi. Buku ini sudah terbit (penerbit Genta Smart) dan sudah ada di toko buku Gramedia. Buku ini sudah sesuai dengan kisi-kisi USM 2016/2017. Kami sudah membuktikan bahwa soal-soal di buku ini banyak yang mirip dengan soal US/M ASLI-nya. 

Lihat bukunya seperti ini.







Lebih jelasnya coba kalian buku isinya dengan klik di bawah ini.




Selamat belajar, Semoga Sukses..

No comments:

Post a Comment