18 February 2018

Bedah Kisi-Kisi USBN SD/MI Tahun 2017/2018 Mata Pelajaran Matematika



Dalam kesempatan ini akan kami sampaikan bedah kisi-kisi USBN SD/MI tahun 2017/2018 yang kami jabarkan dari kisi-kisi USBN SD/MI dari pemerintah. KIta ketahui bahwa kisi-kisi USBN SD/MI 2018 ini masih tahap secara umum. Perhatikan bentuk kisi-kisi yang telah dipublikasikan oleh pemerintah.

 
 

Nah, tampak masih umum ketika melihat bentuk di atas. Namun, tentunya kita bisa memprediksi dengan membedah kisi-kisi di atas menjadi lebih meruncing (khusus).

Kisi-Kisi USBN SD/MI 2018 mapel Matematika secara garis besar terdiri atas materi pokok berikut.
1. Operasi Hitung Bilangan Cacah
2. Operasi Hitung Bilangan Bulat
3. Operasi Hitung Bilangan Pangkat dua dan Pangkat Tiga, serta Akar PAngkat dua dan Akar Pangkat Tiga
4.  KPK dan FPB
5. Pecahan
6. Perbandingan
7. Satuan Ukuran (Kuantitas, Berat, Panjang, Waktu, Volume)
8. Waktu, Jarak, dan Kecepatan
9. Keliling dan Luas Segiempat
10.  Keliling dan Luas Lingkaran
11. Sifat-Sifat Bangun Datar
12. SIfat-Sifat BAngun Ruang
13. Luas Permukaan Kubus, Balok, dan Tabung
14. Volume Kubus, Balok, dan Tabung
15. Koordinat Kartesius
16. Simetri dan Pencerminan
17. Penyajian Data (tabel, diagram batang, diagram lingkaran)
18. Rata-Rata Hitung dan Modus

Materi pokok di atas merupakan kisi-kisi umum yang bisa dibuat menjadi materi yang lebih khusus. Sebut saja namanya kisi-kisi/Indikator soal. Indikator soal ini merupakan kisi-kisi dalam membuat soal standar USBN 2018.

Nah, mari membedah kisi-kisi USBN SD/MI 2017/2018 di atas menjadi kisi-kisi soal yang akurat dan menjadi pedoman dalam menentukan jenis soal yang akan keluar di USBN SD/MI 2018 tahun ini.

Perlu diketahui bahwa kisi-kisi yang kami buat adalah kisi-kisi yang dibuat berdasarkan pengalaman tipe soal-soal UN/UASBN/USM matematika SD/MI yang pernah dikeluarkan tahun-tahun yang lalu serta memprediksi tipe soal yang belum pernah dikeluarkan sama sekali.

Ada tambahan satu lagi bahwa pada tahun ini soal USBN SD/MI akan dibuat 2 tipe soal, yaitu pilihan ganda dan esay (Uraian). Dalam kesempetan ini pula akan kami berikan beberapa contoh bentuk soal yang akan muncul di USBN SD/MI 2018.




No comments:

Post a Comment