11 September

Bimbingan dan Les Privat Matematika Di Klaten

 Bimbingan dan Les Privat Matematika Di Klaten

SD, SMP, SMA

 

Apakah kamu kesulitan belajar Matematika?

Apakah kamu kesulitan mencari guru Matematika?

Apakah kamu kesuitan mencari tempat les Matematika?

Apakah kamu ingin belajar dengan guru Matematika yang ramah dan komunikatif?

 

Simak Sekilas dari IMATH Solution ini

IMATH Solution merupakan bimbingan belajar dan les privat Matematika yang sudah beberapa tahun yang lalu. IMATH Solution melayani bimbingan  dan les privat Matematika di berbagai jenjang, seperti SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK, dan sederajat. Siswa bisa ikut les privat atau dengan berkelompok. IMATH Solution memberikan layanan untuk persiapan Ulangan dan Ujian.

 

Biaya Les Privat (Guru bisa datang kerumah)

Jenjang

Biaya

SD (Kelas 4, 5,6)

Rp 40.000,00 / sesi (75 mnt)

SMP/MTs

Rp 45.000,00 / sesi (75 mnt)

SMA/MA

Rp 50.000,00 / sesi (75 mnt)

SMK/MAK

Rp 50.000,00 / sesi (75 mnt)

 

Waktu Bimbingan dan les Privat

Hari Senin – Sabtu

Sesi I : Pukul 16.30

Sesi II : Pukul 19.00

 (Guru bisa  datang ke rumah)





Bimbel Imath Solution

Alamat:

Morangan RT 02/RW 02 Karanganom

Klaten Utara – Klaten

Jawa Tengah

 

Contaq: SMS/WA

085743325879






12 Juli

Soal Matematika Dasar Psikotes Masuk Kerja dan untuk CPNS

 Berikut disajikan soal-soal tes CPNS dan masuk kerja bidang Matematika.  Soal-soal Matematika dasar ini dapat digunakan untuk latihan.

Silakan dicoba dan dikerjakan.

 

 

1. Untuk menyelesaikan sebuah apartemen, membutuhkan waktu 80 hari jika menggunakan 14 pekerja. Berapa waktu yang dibutuhkan jika pekerjanya ditambah menjadi 28 orang?

a.      30 hari

b.      40 hari

c.      50 hari

d.      60 hari

 

2. Sebuah bus malam berangkat dari Surabaya ke Negara pukul 04.00 dengan perjalanan ke Negara selama 5 jam. Bus sempat berhenti di perjalanan selama 1,5 jam karena ban meletus. Pukul berapakah bus malam tersebut sampai di Negara?

a.      12.00

b.      11.30

c.      11.00

d.      10.30

 

3. Perbandingan antara permen coklat dengan permen mint di warung adalah 9 : 3. Apabila jumlah permen coklat dan mint tersebut seluruhnya adalah 120. Berapakah jumlah masing-masing permen coklat dan mint?

a.      Permen coklat 100 dan permen mint 20

b.      Permen coklat 90 dan permen mint 30

c.      Permen coklat 80 dan permen mint 40

d.      Permen coklat 70 dan permen mint 50

 

4. Dewa memiliki tabungan sebesar Rp5.500.000. Ia ingin mengambil tabungan tersebut untuk membeli chromebook seharga Rp3.500.000. Saat membeli, Dewa mendapat diskon 15%.

a.      Rp1.025.000

b.      Rp1.125.000

c.      Rp1.300.000

d.      Rp1.325.000

 

5. Bu Fitri membeli tanah seharga Rp60.000.000. Tanah tersebut dijual kembali dengan harga Rp85.000.000. Berapa persen keuntungan yang diperoleh Bu Fitri?

a.      60 %

b.      55 %

c.      42 %

d.      40 %

 

6. Hasil perhitungan dari 110 (19) – 55 (110) + 110 (24) adalah ….

a.      2.310

b.      1.320

c.      -1.320

d.      -2.310

 

7. Lengkapilah deret angka yang hilang pada soal berikut..

   3  5  8  ...  17  23  

a.      10 dan 26

b.      11 dan 29

c.      12 dan 30

d.      13 dan 33

 

8. Jarak rumah Andi dan rumah Feri yang berada di luar kota adalah 2500 km. Apabila Andi pergi ke rumah Feri dengan mobil berkecepatan 100 km/jam, berapa lama waktu perjalanan yang dibutuhkan Andi?

a.      2.500 menit

b.      2.000 menit

c.      1.500 menit

d.      1.000 menit

 

9. Fira menabung di Bank Q sebesar Rp250.000. Bunga yang diperoleh jika menabung di bank ini setiap tahunnya adalah 12 %. Jumlah tabungan Fira setelah 2 tahun menabung di Bank Q adalah …

a.      Rp310.000

b.      Rp270.000

c.      Rp350.000

d.      Rp370.000

 

10. Desa Mamuju memperoleh sumbangan beras untuk warganya yang miskin sebanyak 21 karung. Setiap karung yang disumbangkan memiliki berat 50 kg. Beras tersebut akan dibagikan kepada 25 warga miskin. Dengan begitu, dapat diketahui bahwa setiap warga miskin akan mendapatkan beras seberat…

a.      20 kg

b.      24 kg

c.      28 kg

d.      29 kg

 

25 Juni

Suku Ke-n Barisan Aritmetika

Menentukan Suku Ke-n Barisan Aritmetika

yang Diketahui Nilai Dua Suku

 

Pada kesempatan kali ini akan kami sampaikan artikel/pembahasan cara menentukan suku ke-n barisan aritmetika yang diketahui dua suku ke-n. Nah bagaimana  caranya, simak pembahasan ini sampai selesai.

Perlu diingat bahwa rumus suku ke-n barisan aritmetika:

Un = a + (n – 1)b

dengan :

Un = suku ke-n

a = suku pertama

b = beda atau selisih

 

Perhatikan beberapa contoh soal berikut.

1.  Diketahui suku pertama dan suku ke-5 barisan aritmetika adalah 3 dan 19. Tentukan suku ke-11.

Jawaban:

Diketahui : a = 3 dan U5 = 19

U5 = 19, maka a + (5 – 1)b = 19

                              3 + 4b = 19

                                    4b = 19 – 3

                                    4b = 16

                                       b = 4

Menentukan suku ke-11

U11 = a + (11 – 1)b

      = 3 + 10 (4)

      = 3 + 40

     = 43

Jadi, suku ke-11 adalah 43.

 

2.  Diketahui suku-4 dan suku ke-9 barisan aritmetika berturut-turut 26 dan 56. Tentukan suku ke-16.

Jawaban:

Diketahui : U4 = 26 dan U9 = 56

U4 = 26 maka a + (4 – 1)b = 26  atau  a + 3b = 26   (1)

U9 = 56 maka a + (9 – 1)b = 56  atau  a + 8b = 56   (2)

Menentukan nilai a dan b menggunakan persamaan (1) dan (2) dengan cara eliminasi

a + 3b = 26  

a + 8b = 56  -

     -5b = -30,   maka b = 6

 

Menentukan nilai a dengan mensubstitusikan b = 6 ke salah satu persamaan.

a + 3b = 36 Þ a + 3(6) = 26

                        a + 18 = 26

                                a = 26 – 18

                                a = 8

Menentukan suku ke-16

U16 = a + (16 – 1)b

      = 8 + 15 (6)

      = 8 + 90

     = 98

Jadi, suku ke-16 adalah 98.

  

3.  Diketahui suku-9 dan suku ke-13 barisan aritmetika berturut-turut 65 dan 93. Tentukan suku ke-5.

Jawaban:

Diketahui : U9 = 65 dan U13 = 93

U9 = 65 maka a + (9 – 1)b = 65  atau  a + 8b = 65 (1)

U13 = 93 maka a + (13 – 1)b = 93  atau  a + 13b = 93   (2)

Menentukan nilai a dan b menggunakan persamaan (1) dan (2) dengan cara eliminasi

a + 12b = 93  

a + 8b  = 65  -

       4b = 28,   maka b = 7

 

Menentukan nilai a dengan mensubstitusikan b = 7 ke salah satu persamaan.

a + 8b = 65 Þ a + 8(7) = 65

                        a + 56 = 65

                               a = 65 – 56

                               a = 9

Menentukan suku ke-5

U5 = a + (5 – 1)b

      = 9 + 4 (7)

      = 9 + 28

     = 37

Jadi, suku ke-5 adalah 37.

 

Demikian beberapa contoh soal tentang barisan aritmetika, semoga bermanfaat.

 


 



17 Januari

Bimbingan Belajar dan Les Privat Matematika Di Klaten



Bimbingan Belajar dan Les Privat Matematika Terbaik dan Terpercaya

SD, SMP, SMA di Klaten

 

Sekarang banyak bimbingan belajar di klaten. Misalnya ada bimbingan belajar yang terkenal dan besar antara lain Ganesha Operation (GO), Neutron, Ruang Guru, dan bimbingan belajar lainnya.  Salah satunya adalah bimbingan belajar dan les Privat Matematika. Bimbingan belajar dan les privat Matematika yaitu IMATH Solution. Bimbel IMATH Solution merupakan bimbingan belajar khusus mengajarkan Matematika. Bimbel ini memberikan layanan kepada siswa guru datang ke rumah. Jadi, siswa tidak perlu ke luar rumah untuk belajar. Dengan demikian siswa hemat waktu dan tenaga.






Simak Sekilas dari IMATH Solution ini

IMATH Solution merupakan bimbingan belajar dan les privat Matematika yang sudah beberapa tahun yang lalu. IMATH Solution melayani bimbingan  dan les privat Matematika di berbagai jenjang, seperti SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK, dan sederajat. Siswa bisa ikut les privat atau dengan berkelompok. IMATH Solution memberikan layanan bimbingan belajar atau les privat Matematika untuk persiapan Ulangan dan Ujian.

 

Biaya Les Privat (Guru bisa datang kerumah)

Jenjang

Biaya

SD (4, 5, 6)

Rp 40.000,00 / sesi (75 mnt)

SMP/MTs

Rp 50.000,00 / sesi (75 mnt)

SMA/MA

Rp 60.000,00 / sesi (75 mnt)

SMK/MAK

Rp 60.000,00 / sesi (75 mnt)

 

Waktu Bimbingan dan Les Privat

Hari Senin – Sabtu

Sesi I : Pukul 16.30

Sesi II : Pukul 19.00

 

Bimbel Imath Solution

Alamat:

Morangan RT 02/RW 02 Karanganom

Klaten Utara – Klaten

Jawa Tengah

 



  


=============================================

Tag:

les privat bahasa inggris di solo,les privat fisika di Klaten,kursus bahasa inggris di kartasura tempat les privat di Klaten,les privat matematika di sragen,les privat kimia Klaten,les privat matematika di klaten,les privat sma di Klaten,les privat matematika di Klaten,les privat matematika di Klaten,les privat bahasa inggris di klaten,les privat,guru les privat di Klaten,les privat di Klaten,guru les privat semua mata pelajaran di Klaten, privat matematika klaten, 


24 Oktober

Turunan Fungsi Trigonometri_ (Dasar)

 

Rumus turunan trigonometri berisi persamaan turunan yang melibatkan fungsi-fungsi trigonometri seperti sinus (sin), kosinus (cos), tangen (tan),  kosekan (cosec), sekan (sec), dan kotangen (cot), dan fungsi trigonometri lainnya.

 

Sebenarnya turunan Trigonometri itu mudah? Asalkan dasarnya dikuasai dahulu. Apa sih turunan fungsi trigonometri itu? Dan gimana sih cara menyelesaikan turunan fungsi trigonometri?

 

Turunan fungsi trigonometri yaitu proses matematis untuk menemukan turunan pada suatu fungsi trigonometri ataupun tingkat perubahan terkait dengan suatu variabelnya.

 

Misalkan turunan f(x) ditulis f’(a) yang artinya tingkat perubahan fungsi di titik a. Fungsi trigonometri yang biasa digunakan adalah sin x,cos x, dan tan x.

 

Sebenarnya turunan fungsi dan limit fungsi memiliki keterkaitan konsep. Turunan fungsi trigonometri diperoleh dari limit fungsi trigonometri. Karena turunan merupakan bentuk khusus dari limit.

 

Berdasarkan hal tersebut, diperoleh rumusan turunan fungsi trigonometri sebagai berikut

 

1. Turunan y = sin x adalah y' = cos x

2. Turunan y = cos x adalah y' = -sin x

3. Turunan y = sin ax adalah y' = a cos ax

4. Turunan y = cos ax adalah y' = a sin ax

5. Turunan y = tan x adalah y' = sec2 x

6. Turunan y = cotan x adalah y' = -cosec2 x

7. Turunan y = tan ax adalah y' = a sec2 ax

8. Turunan y = cotan ax adalah y' = -a cosec2 ax

9. Turunan y = sec x adalah y' = sec x tan x

10. Turunan y = cosec x adalah y' = -cosec x cotan x

11. Turunan y = sec ax adalah y' = a sec ax tan ax

12. Turunan y = cosec ax adalah y' = -a cosec ax cotan ax

 

Misalkan u merupakan fungsi yang bisa diturunkan terhadap x, dimana u’ yaitu turunan u terhadap x, maka rumus turunannya akan menjadi:

 

1. Turunan y = sin u adalah y' = cos u × u'

2. Turunan y = cos u dalah y' = -sin u × u'

3. Turunan y = tan u adalah y' = sec2 u × u'

4. Turunan y = cotan u adalah = -cosec2 u × u'

5. Turunan y = sec u adalah y' = sec u tan u × u'

6. Turunan y = cosec u adalah y' = -cosec u cotan u × u'

 



Jika diperluas lagi bentuknya,maka turunan fungsi trigonometri dapat dirumuskan lagi sebagai berikut.

1. Turunan y = sin (ax + b) adalah y' = a cos (ax + b)

2. Turunan y = cos (ax + b) dalah y' = -a sin (ax + b)

3. Turunan y = tan (ax + b) adalah y' = a sec2 (ax + b)

4. Turunan y = cotan (ax + b) adalah = -a cosec2 (ax + b)

5. Turunan y = sec (ax + b) adalah y' = a sec (ax + b) tan (ax + b)

6. Turunan y = cosec (ax + b) adalah y' = -a cosec (ax + b) cotan (ax + b)

 

Agar lebih jelas, perhatikan contoh-contoh berikut.

Tentukan turunan fungsi trigonometri berikut.

1.  y =  sin (4x – 3)

2. y = cos (6x + 1)

3. y = tan (2 – 9x)

4. y = 2 sin (x2 – 7x)

5. y = sec (3x2 + 5x)

6. y = 3 cotan (4x2 – x + 2)

Jawaban:

1.  y =  sin (4x – 3),     dapat ditulis y = sin u

     Misal u = 4x – 3 ,maka u' = 4

     y'  = cos u × u'

         = cos (4x – 3) × 4

         = 4 cos (4x – 3)

 

2. y = cos (6x + 1),    dapat ditulis y = cos u

     Misal u = 6x + 1 ,maka u' = 6

     y'  = -sin u × u'

         = -sin (6x + 1) × 6

         = -6 sin (6x + 1)

 

3. y = tan (2 – 9x),    dapat ditulis y = tan u

     Misal u = 2 – 9x ,maka u' = -9

     y'  = sec2 u × u'

         = sec2 (2 – 9x) × (-9)

         = -9 sec2 (2 – 9x)

 

4. y = 2 sin (x2 – 7x),     dapat ditulis y = sin u

     Misal u = x2 – 7x, maka u' = 2x – 7

     y'  = cos u × u'

         = cos (x2 – 7x) × (2x – 7)

         = (2x – 7) cos (x2 – 7x)

 

5. y = sec (3x2 + 5x) dapat ditulis y = sec u

     Misal u = 3x2 + 5x, maka u' = 6x + 5

     y'  = y' = sec u tan u × u'

         = sec (3x2 + 5x) tan (3x2 + 5x) × (6x + 5)

         = (6x + 5) sec (3x2 + 5x) tan (3x2 + 5x)

 

6. y = 3 cotan (4x2 – x + 2),    dapat ditulis y = cotan u

     Misal u = 4x2 – x + 2,maka u' = 8x – 1

     y'  = -cosec2 u × u'

         = -cosec2 (4x2 – x + 2) × (8x – 1)

         = -(8x – 1) cosec2 (4x2 – x + 2)

 

Demikian sekilas materi tentang turunan fungsi trigonometri.

Semoga Bermanfaat.

 

17 Oktober

Cara Menentukan Panjang Lintasan Bola (Deret Geometri Tak Hingga)

 Hai Sahabat Imath, bagaimana kabarnya? Semoga selalu sehat dan tetap semangat belajar Matematika, ya!

 

Raihan menjatuhkan bola tenis dari atas meja setinggi 12 m. Jelas bahwa bola tenis akan memantul sampai akhirnya berhenti. Pantulan bola pertama pasti lebih tinggi dari pantulan kedua, pantulan kedua lebih tinggi dari pantulan ketiga, dan seterusnya.

 

Setelah diamati, ternyata setiap kali bola memantul, tingginya menjadi 3/4 kali dari tinggi pantulan sebelumnya. Raihan semakin penasaran, kira-kira berapa panjang lintasan bola dari awal memantul sampai berhenti? Apakah kamu ingin membantu Raihan? Bagaimana caranya? Ternyata, Raihan bisa menghitung panjang lintasan bola menggunakan deret geometri tak hingga, lho.

 

Secara umum, deret geometri dibagi menjadi dua jenis, yaitu deret geometri tak hingga yang konvergen dan divergen.

 

1. Deret geometri tak hingga konvergen

Konvergen artinya memusat atau tidak menyebar. Deret geometri tak hingga yang konvergen berarti deret geometri yang masih memiliki limit jumlah. Syarat deret geometri tak hingga jenis ini adalah rasio berada di antara -1 dan 1, yaitu -1 < r < 1 atau |r| < 1. Untuk jumlah tak hingganya dirumuskan sebagai berikut.


2. Deret geometri tak hingga divergen

Divergen artinya menyebar. Deret geometri tak hingga yang divergen berarti deret geometri tak hingga yang tidak terbatas jumlahnya. Syarat deret geometri tak hingga yang divergen adalah r < -1 atau r > 1. Untuk jumlah tak hingganya dirumuskan sebagai berikut.


Untuk melihat cara pembahasannya, lihat video tutorial berikut.



Semoga Bermanfaat.



28 September

Rumus Jumlah dan Hasil Kali Akar-Akar Persamaan Kuadrat

 Sebuah persamaan yang memiliki variabel dengan pangkat tertingginya sama dengan 2 (dua) sering disebut dengan persamaan kuadrat. Nilai-nilai yang dapat memenuhi persamaan kuadrat disebut akar – akar persamaan kuadrat.

 

Banyaknya akar-akar persamaan kuadrat ada 2 (dua) atau 1 (satu), tergantung jenis persamaan kuadrat. Persamaan kuadrat yang memiliki banyak akar-akar persamaan sama dengan 2 (dua) akan menyinggung sumbu x di dua titik. Untuk persamaan kuadrat yang hanya memiliki satu akar persamaan kuadrat, grafik persamaan kuadrat akan menyinggung sumbu x (memotong sumbu x pada satu titik).

 

Cara yang dapat digunakan untuk menentukan akar persamaan kuadrat meliputi metode pemfaktoran bentuk aljabar, melengkapkan kuadrat sempurna, atau rumus abc.

Pembahasan dalam persamaan kuadrat, sering mengulas jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat. Rumus ini, nantinya dapat digunakan untuk menentukan persamaan kuadrat baru dengan nilai akar-akar yang mengalami perubahan nilai.

 

Rumus jumlah dan hasil kali akar – akar persamaan kuadrat dapat dicari dengan memanfaatkan rumus abc.

Bentuk umum persamaan kuadrat biasanya dinyatakan melalui persamaan ax2 + bx + c = 0. Persamaan tersebut memiliki dua akar-akar yang memenuhi persamaan. Melalui bentuk umum persamaan kuadrat, dapat diperoleh nilai akar-akar dalam bentuk umum. Berikut ini adalah nilai x1 dan x2 yang memenuhi bentuk umum persamaan kuadrat.

Rumus Hasil Kali Akar-akar Persamaan Kuadrat

Cara untuk menentukan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat hampir sama dengan cara mencari jumlah akar-akarnya. Rumus jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat ax2 + bx + c = 0 sebagai berikut.

Agar lebih jelas, perhatikan dua contoh berikut.





Untuk lebih jelasnya, simak video ini.



Semoga Bermanfaat.

Tag:

Rumus jumlah dan hasil kali akar akar Persamaan Kuadrat

Menenutkan jumlah dan hasil kali akar akar Persamaan Kuadrat

Soal jumlah dan hasil kali akar akar Persamaan Kuadrat

Tentukan jumlah dan hasil kali akar akar Persamaan Kuadrat

Hasil jumlah dan hasil kali akar akar Persamaan Kuadrat

Pakailah rumus jumlah dan hasil kali akar akar Persamaan Kuadrat