20 October

Cara Menghitung Keliling dan Luas Trapesium dan Penerapannya



Dalam kesempatan ini kita akan memberikan materi tentang Keliling dan Luas trapesium  serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Menentukan keliling dan luas trapesium merupakan materi atau bab yang diajarkan di tingkat SD maupun SD.
Trapesium termasuk bangun datar segi empat yang memiliki sepasang sisi sejajar. Jarak antara sisi-sisi sejajar tersebut dinamakan dengan tinggi trapesium. Secara umum trapesium terbagi menjadi tiga jenis, yaitu trapesium sembarang, trapeium siku-siku, dan trapesium sama kaki. Perhatikan gambar ketiga trapesium berikut.






Sekarang kita akan menentukan keliling dan luas trapesium.
Perhatikan trapesium di bawah ini.





Keliling trapasium adalah jumlah sisi-sisi yang membentuk trapesium tersebut.
Keliling = AB + BC+ CD + AD

Untuk menentukan luas trapesium, perhatikan gambar berikut.
Trapesium adalah gabungan dua segitiga yang memilii tinggi sama. Dengan menggunakan luas segitiga, kita dapat menemukan rumus trapesium.




Pada gambar di atas, trapesium memiliki ukuran dua sisi yang sejajar a dan b, serta tinggi trapesium t. Trapesium tersebut dibagi menjadi dua segitiga, yaitu segitiga ABC dan segitiga ACD. Tentunya luas kedua segitiga tersebut dapat dihitung luasnya. Dan selanjutnya, kita dapat menyimpulkan bahwa luas trapesium adalah jumlahan luas kedua segitiga tersebut




Untuk lebih jelasnya perhatikan beberapa contoh soal dan pembahasan tentang keliling dan luas trapesium berikut ini.



Contoh soal dan pembahasan

















6.  Pak Gani mempunyai pekarangan berbentuk trapesium dengan panjang sisi yang sejajar adalah 30 meter dan 25 meter. Jarak antara kedua sisi sejajar tersebut adalah 20 meter. Pak Gani akan meminta orang untuk mancangkul lahan tersebut dengan upah sebesar Rp 1.000,00 per meter persegi. Tentukan:
a. Luas lahan Pak Gani,
b. Besar upah yang harus dibayarkan kepada orang yang mencangkul.

 





Demikianlah sekilas materi tentang cara menghitung keliling dan luas trapesium beserta penerapannya. 

Semoga Bermanfaat


Materi Terkait







No comments:

Post a Comment