18 Desember

BUKU DETIK-DETIK UJIAN NASIONAL YANG SPEKTAKULER


Buku Detik-Detik UN = Prediksi Soal-Soal UN
Buku Detik-Detik UN = Latihan Soal-Soal UN
Buku Detik-Detik UN = Soal-Soal UN

Siapa yang ga kenal sama Buku Detik-Detik Ujian Nasional (UN)? Bagi orang tua yang mempunyai anak yang sudah menghadapi Ujian Nasional (UN) pasti kenal dengan buku itu. Mengapa? Buku Detik-Detik UN yang diterbitkan oleh PT Intan Pariwara tersebut merupakan buku khusus untuk persiapan Ujian Nasional. Buku Detik-Detik inilah yang sudah beberapa tahun terbukti dengan soal-soalnya yang mirip dengan soal-soal Ujian Nasional, baik tingkat SD, SMP, dan SMA.



            Apa saja yang terdapat dalam buku Detik-Detik itu? Isi buku Detik-Detik sebenarnya sangat sederhana, antara lain Ringkasan materi, Soal-soal Try Out Ujian Nasional dan Prediksi Ujian Nasional. Meskipun sangat sederhana dan tidak terlalu tebal, tetapi jangan ragu lagi tentang kualitas dan ketepatan soal-soalnya. Banyak para siswa yang sudah membuktikannya. Mereka yang sudah mengalami Ujian Nasional mengatakan bahwa Soal-soal di Buku Detik-Detik mirip dengan soal UN, hampir 90% prediksinya tepat.

            Apa yang mendasari sehingga soal-soalnya banyak yang mirip dan keluar di UN? Itulah yang menjadikan Buku Detik-Detik lain daripada yang lain. Yang jelas dalam membuat soal-soal tidak sembarangan. Dalam membuat Try out maupun Prediksi perlu adanya penunjang-penunjang yang mumpuni. Misalnya SKL tahun-tahun sebelumya dan model soal-soalnya pada tahun-tahun sebelumnya. Nah, semua itu dipelajari dan akhirnya ketemu pola soal-soal yang mungkin keluar pada UN besok. Dengan metode tersebut, Try out dan Prediksi soal-soal UN yang dibuat diperoleh hasil yang spektakuler (tanyakan kepada siswa yang pernah menggunakannya).

            Sebentar lagi Ujian Nasional akan diselenggarakan. Nah, persiapan apa yang sudah disiapkan siswa-siswi kita? Jangan khawatir dengan adanya Ujian sudah dekat. Yakinlah bahwa Buku Detik-Detik UN akan membantu  mempersiapkan para siswa yang akan menghadap Ujian. Buku Detik-Detik akan muncul untuk siswa. Jadi, tunggulah Buku Detik-Detik dengan format baru dan kisi-kisi dan prediksi UN yang dibuat dengan spektakulernya. Ayo, kita tunggu apakah keakuratan Buku Detik-Detik UN tahun ini lebih baik daripada tahun kemarin? Ayo, kita beli bukunya dan membuktiannya.
Semoga sukses.
           
Buku Detik-Detik yang diterbitkan PT Intan Pariwara antara lain:
Buku Detik-Detik UN sekolah Dasar ( Matematika, IPA, Bahasa, Indonesia)
Buku Detik-Detik UN SMP ( Matematika, IPA, IPS,  Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris )
Buku Detik-Detik UN SMA IPA ( Matematika, Fisika, Biologi, Kimia,  Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris)
Buku Detik-Detik UN SMA IPS ( Matematika, Ekonomi, Geografi, Sejarah,  Sosiologi, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris)

Diperoleh dari berbagai sumber. (Pembuat naskah, siswa dan guru)



14 Desember

TIPS DAN TRIK DALAM MATEMATIKA

9 Tips dan Trik Hitung Matematika

Post  



Belajar Matematika sangat mengasyikkan jika kita tahu cara penyelesaiannya. Persoalan matematika biasanya dikerjakan dengan cara-cara yang pasti/baku, atau dengan trik-trik yang dapat mempermudah perhitungan pada umumnya. Bila Anda ingin makin mahir dalam bidang Matematika, hendaknya sering melatih diri dengan menyelesaikan persoalan Matematika sebanyak mungkin.

Di bawah ini ada 9 (sembilan) tips dan trik penyelesaian soal Matematika dengan cepat, antara lain :

1. Pengkuadratan Angka Berakhiran Lima
langkah-langkahnya :
a) Kalikan angka sebelum angka lima dengan angka urutan selanjutnya.
b) Tuliskan angka 25 di belakang angka hasil dari a)
contoh :
i. 652 = ?
a) 6 x 7 = 42
b) hasil : 4225
ii. 1052 = ?
a) 10 x 11 = 110
b) hasil : 11025

2. Pengkuadratan Dua Angka Bilangan yang dimulai dengan Lima
langkah-langkahnya :
a) Tambahkan bilangan 25 dengan bilangan satuannya.
b) Kuadratkan bilangan satuannya.
(khusus untuk angka satuan 1, 2, dan 3, hasil kuadratnya dituliskan 01, 04, dan
09)
c) Hasil akhir adalah gabungan a) dan b)
contoh :
i. 512 = ?
a) 25 + 1 = 26
b) 12 = 01
c) hasil : 2601
ii. 592 = ?
a) 25 + 9 = 34
b) 92 = 81
c) hasil : 3481

3. Pengkuadratan Dua Angka Bilangan yang diakhiri angka Satu
langkah-langkahnya :
a) Kuadratkan angka bulatnya.
b) Jumlahkan angka tersebut dengan angka bulatnya.
c) Hasil akhirnya adalah jumlah dari a) dan b)
contoh :
i. 612 = ?
a) 602 = 3600
b) 61 + 60 = 121
c) hasil : 3600 + 121 =3721
ii. 212 = ?
a) 202 = 400
b) 21 + 20 = 41
c) hasil : 400 + 41 = 441

4. Perkalian Satu Angka dengan 11 (11; 110; 1,1 dan seterusnya
langkah-langkahnya :
a) Tuliskan angkanya.
b) Sisipkan angka dari jumlah dua angka tersebut. Hati-hati bila hasil penjumlahannya lebih dari 9, angka puluhannya dijumlahkan dengan angka pertama.
contoh :
i. 24 x 11 = ?
a) 2 ? 4
b) 2 + 4 = 6 -->> Hasilnya : 264
ii. 67 x 11 = ?
a) 6 ? 7
b) 6 + 7 = 13 -->> 6 + 1 = 7 -->> Hasilnya : 737

5. Perkalian Satu Angka atau Dua Angka dengan 99 (0,99; 9,9; 990 dst.)
langkah-langkahnya :
a) Kurangi bilangan tersebut dengan angka 1.
b) Kurangi bilangan 100 dengan bilangan tersebut.
c) Hasil akhirnya adalah gabungan dari a) dan b)
contoh :
15 x 99 = ?
a) 15 - 1 = 14
b) 100 - 15 = 85
c) hasilnya : 1485

6. Perkalian Bilangan Genap dengan 1,5; 2,5; 3,5 dst.
langkah-langkahnya :
a) Kalikan bilangan pengali dengan 2.
b) Bilangan yang dikalikan dibagi dengan angka 2.
c) Hasil akhirnya adalah perkalian a) dan b)
contoh :
16 x 4,5 = ?
a) 4,5 x 2 = 9
b) 16 : 2 = 8
c) hasilnya : 9 x 8 = 72






7. Perkalian Satu atau Dua Angka dengan 101 (1,01; 10,1 dst)
langkah-langkahnya :
a) Tuliskan angkanya dua kali.
b) Sisipkan nol atau koma.
contoh :
i. 27 x 101 = ?
a) 2727
ii. 4 x 101 = ?
a) 44
b) hasilnya : 404

8. Perkalian Dua Bilangan yang Nilainya Berselisih Dua
langkah-langkahnya :
a) Kuadratkan bilangan di antaranya.
b) Hasilnya : a) -1.
contoh :
i. 11 x 13 = ?
a) 122 = 144
b) Hasilnya : 144 - 1 = 143






9. Perkalian Dua Bilangan dengan Hubungan Khusus : Bilangan puluhannya bernilai sama dan jumlah bilangan satuannya adalah 10
langkah-langkahnya :
a) Kalikan bilangan puluhan dengan bilangan berikutnya.
b) Kalikan masing-masing bilangan satuannya.
c) Hasilnya adalah gabungan dari a) dan b).
contoh :
i. 16 x 14 = ?
a) 1 x 2 = 2
b) 6 x 4 = 24
c) Hasilnya : 224
ii. 28 x 22 = ?
a) 2 x 3 = 6
b) 8 x 2 = 16
c) Hasilnya : 616

Referensi : Epsilon (Himatika UNY)

SULAP MATEMATIKA

Menebak Angka yang Disembunyikan

Lagi pengen bagi-bagi trik sulap… Sebenarnya sih bukan sulap juga, tapi trik matematika biasa, tapi ternyata masih banyak yang belum tahu, hehe… Ini sangat mudah bagi kamu-kamu yang masih duduk di SD.

Jalan Permainan

Pertama, minta seseorang memilih bilangan empat angka (misal: 8552). Lalu, minta dia mengurangi bilangan tersebut dengan angka-angka penyusunnya (contoh: 8552 – 8 – 5 – 5 – 2 = 8532). Selanjutnya, dari hasil yang diperoleh (8532), mintalah dia untuk menyembunyikan sebuah angka dan menyebutkan angka sisanya. Lalu buatlah dia terkejut dengan menyebutkan angka yang dia sembunyikan dengan cepat. (contoh: dia menyembunyikan angka 5 dari 8532, lalu menyebutkan tiga angka sisanya: 8, 3, dan 2. Lalu Anda dengan cepat berkata, “Angkanya 5 kan….”).

Contoh kedua:
Minta temanmu memilih bilangan 5 angka ( misal 25446). Lalu minta dia untuk mengurangi bilangan penyusunnya. (25446 - (2+5+4+4+6) = 25425. Dari hasil yang diproleh (25425) mintalah dia untuk menyembunyikan sebuah bilangan. Setelah disembunyikan (menyembunyikan 2) , kemudian dia menyebutkan angka 2, 5, 4, dan 5. Lalu anda dengan mudah menebak angka yang disembunyikan yaitu, 2. 


 

Trik
Bagaimana? Apakah Anda cukup terkejut dengan “sulap” di atas? Triknya ternyata mudah saja… Bagaimana? Jumlahkanlah angka yang diberikan (8 + 3 + 2 = 13), lalu cari bilangan kelipatan sembilan yang terdekat dengan angka tersebut tetapi lebih besar atau sama dengan angka itu (dalam hal ini bilangan kelipatan 9 yang terdekat dan lebih besar atau sama dengan 13 adalah 18). Lalu, kurangkan 18 dengan 13 dan Anda akan mendapatkan jawabannya: LIMA!

Sebagai catatan, Anda akan mengalami sedikit kesulitan jika jumlah dari tiga angka yang diberikan adalah kelipatan 9. Jika itu terjadi, maka angka yang disembunyikan ada di antara 2 kemungkinan, 0 atau 9. Anda dapat mengakalinya dengan bertanya, “Angkanya besar kan…?”. Kalau responnya negatif, berarti angkanya 0 dan kalau responnya positif, berarti angkanya 9. Ini hanya salah satu cara, Anda bisa berkreasi dengan cara lain…

Penjelasan

Nah, apakah Anda penasaran mengapa trik di atas bisa berjalan? Saya akan menjelaskannya. Pertama, yang harus Anda ketahui adalah ciri-ciri dari sebuah bilangan yang habis dibagi 9 adalah jumlah angka-angka penyusunnya habis dibagi 9 juga. Tidak percaya? Coba saja: 81 habis dibagi 9, maka 8 + 1 = 9 habis dibagi 9 juga. 87651 habis dibagi 9 karena 8 + 7 + 6 + 5 + 1 = 27 habis dibagi 9. 8421 tidak habis dibagi 9 karena 8 + 4 + 2 + 1 = 15 tidak habis dibagi 9.

Sekarang Anda sudah tahu ciri dari bilangan yang habis dibagi 9. Kita kembali pada permainan di atas. Misalkan bilangan yang dipilih adalah “abcd”. Bilangan ini bisa dituliskan menjadi 1000a + 100b + 10c + d. Lalu, mengurangkan bilangan tersebut dengan angka-angka penyusunnya berarti (1000a + 100b + 10c + d) – a – b – c – d = 999a + 99b + 9c = 9(111a + 11b + c). Artinya, hasilnya pastilah sebuah bilangan yang habis dibagi 9, maka jumlah angka-angka penyusun dari hasilnya pun habis dibagi 9.

Nah, sekarang buktikan untuk contoh kedua di atas.
OK selamat mencoba.

TIPS BELAJAR YANG BAIK

Tips Belajar Efektif
 
Ada baiknya Anda membuat persiapan yang baik buat satu semester ke depan. Tak ubahnya para peserta diri yang dituntut mempersiapkan segala keperluan, seperti buku pelajaran, buku tulis atau baju seragam. Selain itu, ada beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan, Pertama, tentukan target Anda di semester ini apa. Kemudian buat jadwal harian yang isinya langkah-langkah menuju target tersebut. Supaya target belajar goal-nya lebih cepat, berikut ada beberapa tips bagaimana cara belajar yang efektif, yang telah teruji oleh beberapa negera maju. Tips ini bias Anda jalankan sendiri, atau ditularkan kepada peserta didik Anda.



1. Seorang teman dari Amerika memberi saran belajar yang dia dapat dari ayahnya. Hari pertama sekolah, ulang kembali pelajaran yang telah didapat. Setelah itu baca singkat dua halaman materi berikutnya buat cari kerangkanya saja. Begitu pelajaran tersebut diterangkan guru esoknya, Anda sudah punya gambaran atau dasarnya, tinggal menambahkan saja apa yang belum Anda tahu. Jadi begitu pulang sekolah, tinggal mengulang saja untuk mencari kesimpulan atau ringkasan.

2. Usahakan selalu konsentrasi penuh waktu mendengarkan pelajaran yang disampaikan guru atau totor. Materi yang Anda dengar bakal mudah dipanggil lagi begitu Anda menghapal ulang pelajaran tersebut.

3. Beberapa teman juga merekomendasikan untuk mengetik ulang catatan pelajaran ke dalam komputer. Logikanya, dengan mengetik ulang catatan berarti sama saja dengan membaca ulang pelajaran yang baru saja didapat dari sekolah. Materi yang diulang tadi bisa tersimpan di memori otak buat jangka waktu yang lama. Lebih bagus lagi kalo membacanya kembali atau mempelajari catatan tersebut setelah diketik.

4. Cara lain adalah dengan membaca ulang catatan pelajaran kemudian buat kesimpulan dengan kalimat sendiri. Supaya dapat terpatri lama di memori, tulis kesimpulan tadi di secarik kertas kecil seukuran kartu nama. Kartu-kartu tersebut efektif untuk mengulang dan membaca singkat kala senggang.

5. Teman lainnya menyarankan untuk selalu menggunakan buku catatan yang berbeda pada setiap mata pelajaran. Cara ini dinilai lebih teratur sehingga pada waktu ingin mengulang suatu pelajaran kita tidak perlu lagi harus membuka semua buku.

6. Mengulang pelajaran tidak selamanya harus dengan membaca atau menulis. Mengajari teman lain tentang materi yang baru diulang bisa membuatmu selalu ingat akan materi tersebut. Bagusnya lagi, Anda menjadi lebih paham akan materi tersebut.

7. Belajar mendadak menjelang tes memang tidak efektif. Paling tidak sebulan sebelum ulangan adalah masa ideal buat mengulang pelajaran. Materi yang banyak bukan masalah. Caranya: selalu buat ringkasan atau kesimpulan pada setiap pelajaran, kalau perlu pakai tabel atau gambar ilustrasi supaya mudah diingat.

8. Ada beberapa teman di Australia yang menyukai waktu belajar pada siang hari. Maklum, badan masih segar setelah tidur cukup di malam hari, jadi semangat masih tinggi. Kondisi yang bagus tersebut tidak mereka sia-siakan begitu saja. Pagi mereka konsentrasi penuh pada pelajaran di kelas dan siangnya konsentrasi untuk mengulang kembali. Malam hari hanya mereka gunakan untuk mengerjakan aktivitas ringan atau pekerjaan rumah. Jadi tidak pernah ada kata begadang.

9. Kalau badan capek, bakal susah buat konsentrasinya. Beberapa teman menyarankan untuk libur dulu dari acara olah raga atau kegiatan fisik lainnya sehari menjelang ulangan umum.

10. Belajar sambil mendengarkan musik memang asyik. Pilih music yang tenang tapi menggugah. Musik klasik macam Beethoven ato Mozart bisa dicoba. Musik tipe ini cocok banget buat menemani kamu selama mengerjakan tugas yang jawabannya sudah pasti, seperti matematika, ilmu alam atau bahasa asing. Dijamin stamina belajar Anda akan selalu berisi dan penuh semangat. Memang bingung ya kalau semua orang saling memberi tahu apa yang harus dikerjakan. Paling penting adalah utamakan prioritas Anda. Karena biasanya kita menilai diri sendiri dari apa yang dirasakan, sedang orang lain hanya melihat dari apa yang telah kita hasilkan. Sementara apa yang bisa kita hasilkan hanya kita sendiri yang tahu. Jadi, buat target yang kamu percaya mampu meraihnya bukan apa yang dipikirkan orang lain. Begitu juga dengan cara belajar efektif, pilih cara baik mana yang paling pas dengan kondisi Anda.

Selamat mencoba!


Pengirim : Study Tips from Students, www.adprima.com

12 Desember

SOAL - SOAL Latihan UN Matematika SMP

Kamu dapat mendownload Latihan Soal UN Matematika SMP.
Klik saja dibawah ini.
1. Soal Lat UN Math tipe A Tingkat SMP
2. Soal Latihan UN Math tipe B Tingkat SMP

BILANGAN AJAIB

Bilangan 12.345.679, 15.873, dan 8.547.

1. Keajaiban perkalian bilangan 12.345.679  dengan bilangan 9 dan kelipatannya

9 x 12.345.679 = 111.111.111
18 x 12.345.679 = 222.222.222
27 x 12.345.679 = 333.333.333
36 x 12.345.679 = 444.444.444
45 x 12.345.679 = 555.555.555 ....

Perhatikan pola perkaliannya!
Hitunglah nilai dari :
54 x 12.345.679 = ….
63 x 12.345.679 = ….
72 x 12.345.679 = ….
81 x 12.345.679 =….

2. Bilangan 15.873 merupakan bilangan ajaib dan akan memberi hasil istimewa apabila dikalikan dengan kelipatan 7.

15.873 x 7 = 111.111
15.873 x 14 = 222.222
15.873 x 21 = 333.333

Perhatikan pola perkaliannya!
Tentukan hasil perkalian berikut.
15.873 x 28 = ….
15.873 x 35 = ….
15.873 x 42 = ….
15.873 x 49 = ….
dst


3. Bilangan 8.547 akan memberi hasil yang menarik apabila dikalikan dengan 13 dan kelipatannya.

8.547 x 13 = 111.111
8.547 x 26 = 222.222
8.547 x 39 = 333.333

Perhatikan pola perkaliannya!
Tentukan hasil perkalian berikut.
8.547 x 52 = ….
8.547 x 65 = ….
8.547 x 78 = ….

Tunggu lagi untuk bilangan ajaib berikutnya.

09 Desember

Sekilas Bimbingan Belajar Dan Les Privat di Klaten


IMATH SOLUTION
Bimbingan Belajar dan Les Privat Berkualitas


Imath dapat diartikan sebagai Intelektual dalam Matematika. Jadi, secara garis besarnya adalah suatu pembelajaran yang dapat menjadikan seseorang (siswa) menjadi cerdas dan intelektual dalam hal matematika. Dengan Matematika semuanya bias lebih mudanh dikerjakan dan diseleseaikan.

Kalo di sini IMath Solution merupakan bimbingan belajar yang berada di kampung yang memiliki tujuan untuk membantu adhik-adhik yang masih sekolah dalam hal belajar matematika dan bahasa inggris. Dalam hal ini membantu memecahkan masalah-masalah  yang belum bisa diselesaikan atau membantu adhik-adhik yang ingin menambahkan materi-materi pelajaran yang akan dikembangkannya.

Berdirinya Imath Solution yang berada di desa Kauman Polanharjo ini karena terinspirasi saja dengan keadaan sekarang ini. Kenapa masih banyak adhik-adhik yang belum menguasai matematika? Padahal mereka hampir menginjakkan ke jenjang berikutnya, baik ke SMP maupun SMA.  Maka dari itu kami mencoba mengajak adhik-adhik untuk belajar matematika bersama-sama.

Sampai saat ini ternyata mendapat respon yang baik dari masyarakat. Alhamdulillah dengan waktu yang singkat dapat meningkatkan pengetahuan adhik-adhik tentang matematika. Bahkan sekarang adhik-adhik menjadi senang belajar matematika.

IMATH SOLUTION
Visi dan Misi :Membentuk generasi yang cerdas, terampil, mandiri, kreatif, beriman dan bertaqwa.

Alamat:

Morangan RT 02/02 Karanganom

Klaten Utara- Klaten

Phone/WA: 085743325879