04 Februari

Bahas Soal Ujian Nasional Matematika SMP/MTs Tentang Perbandingan


Dalam kesempatan ini akan kami bahas 1 soal UN Matematika SMP yang pernah keluar pada tahun 2021. Ini soal yang keluar di Ujian Nasional pada waktu itu. Materi soal ini masuk dalam Bab Perbandingan.

Soal:

Seorang pemborong mampu menyelesaikan pekerjaannya selama 49 hari dengan 64 pekerja. Karena suatu hal, pekerjaan itu harus selesai dalam waktu 28 hari. Banyak pekerja yang ditambahkan adalah ....

A.  38 pekerja

B.  48 pekerja

C.  102 pekerja

D.  112 pekerja

 

Jawaban: B

Perbandingan yang digunakan untuk menyelesaikan soal di atas adalah perbandingan berbalik nilai.

Alasannya: Semakin banyak pekerja maka waktu semakin cepat (sedikit)

Pada perbandingan berbalik nilai berlaku rumus seperti berikut.

 atau

n1 = banyak pekerja pertama (mula-mula)

n2 = banyak pekerja kedua

t1 = waktu pekerjaan pertama (mula-mula)

t2 = waktu pekerjaan kedua

Berdasarkan soal diperoleh:

n1 = 64 pekerja

n2 = x pekerja

t1 = 49 hari

t2 = 28 hari    (nilai ini sudah termasuk tambahan pekerja)

Setelah itu masukkan nilai di atas ke dalam rumus.

64 ´ 49 = x ´ 28

  64 ´ 7 = x ´ 4   (kedua ruas dibagi 7)

  16 ´ 7 = x ´ 1   (kedua ruas dibagi 4)

  16 ´ 7 = x

           x = 112

Penjelesasan: Untuk menyelesaikan pekerjaan 28 hari maka banyak pekerja 112 orang.

Di awal terdapat 64 pekerja. Agar menjadi 112 pekerja untuk menyelesaikan target, maka diperlukan tambahan : 112  - 64 = 48 pekerja.

Jadi, jawaban yang benar pilihan B.

 

Demikian Pembahasan soal Ujian Nasional tentang Perbandingan, semoga bermanfaat.

 

Bahas Soal Trigonometri : Sin A + cos A = 1/2, tentukan nilai sin^3 A + cos^3 A?

 

Dalam kesempatan ini akan kami berikan contoh soal dan pembahasan yang menarik berkaitan dengan Trigonometri.

Ada pertanyaan berikut.

Diketahui sin A +cos A = 1/2. Tentukan nilai sin3 A + cos3 A.

Nah sekarang kita jawab pertanyaan tersebut.

Pembahasan:

Dalam trigonometri kita punya unsur identitas trigonometri berikut.

sin2 A + cos2 A = 1

Nah, jadi untuk menyelesaikan soal di atas yang kita punyai hanya sin A + cos A = 1/2 dan sin2 A + cos2 A = 1.

Untuk menyelesaikan permasalahan ini sebaiknya kita misalkan aja biar lebih mudah dipahami.

Begini, misalkan p = sin A dan q = cos A.

Nah sehingga persoalannya dapat diubah menjadi begini.

Diketahui p + q = 1/2 dan p2 + q2 = 1, tentukan nilai p3 + q3.

Oke, sekarang kita kerjakan.

Ingat rumus ini : (p + q)2 = p2 + 2pq + q2

Dengan yang kita miliki di atas, maka akan menemukan nilai pq.

(p + q)2 = p2 + q2 + 2pq

   (1/2)2 = 1 + 2pq

       1/4 = 1 + 2pq

      2pq = 1/4 - 1

      2pq = -3/4

        pq = -3/8

Setela menemukan pq, mari dilanjutkan menentukan p3 dan q3.

p3 + q3 = (p + q)(p2 - pq + q2)

            = (p + q)(p2 + q2 - pq)

            = (1/2) equation (1 - (-3/8))

            = (1/2) equation (1 + 3/8)

            = (1/2) equation (11/8)

            =11/16

Sehingga p3 + q3 = 11/16

Jadi, nilai sin3 A + cos3 A adalah 11/16.

 

Demikian Pembahasan soal tentang Trigonometri, semoga bermanfaat.



03 Februari

15 Soal standar Ujian Sekolah dan Ujian Nasional Matematika SMP/MTs yang Sering Diujikan

 

Dalam kesempatan ini akan admin berikan beberapa contoh soal dan pembahasan soal-soal Matematika yang sering dikeluarkan dalam ujian sekolah maupun ujian nasional. Soal-soal ujian sekolah dan soal ujian nasional Matematika pada dasarnya merupakan soal yang standar harus dikuasai siswa. Jadi, dalam hal ini soal ujian sekolah dan soal ujian nasional bersifat standar untuk mencapai kompetensi siswa. Dalam kesempatan ini akan kami berikan soal-soal standar US dan UN untuk ruang lingkup bilangan dan Aljabar.

Yuk simak soal dan pembahasannya berikut.

 

 

1.     Tanda “#” artinya tambahkan bilangan pertama dan kedua, lalu kurangkan kuadrat bilangan kedua. Hasil dari -12 # 5 adalah . . . .

A.   -32

B.   -18

C.   -8

D.   8

Jawaban : A

-12 # 5 = (-12 + 5) – 52

             = -7 – 25

              = -32

 




4.    Diketahui barisan 12, 19, 26, 33, . . . . Suku ke-50 adalah . . . .

A.      335

B.      355

C.      365

D.      375

Jawaban: B

Barisan 12, 19, 26, 33, . . .. adalah barisan aritmetika dengan suku awal  = a = 12 dan beda = b = 7.

Un     = a + (n – 1)b

U70    = 12 + (50 – 1)(7)

          = 12 + (49)(17)

          = 12 + 343

          = 355

Jadi, suku ke-50 barisan tersebut 355.

 

5.    Diketahui deret aritmetika dengan U5 = 21 dan U8 = 33. Jumlah 20 suku pertama adalah . . . .

A.      1.060

B.      1.080

C.      1.090

D.      1.120

Jawaban: A

Deret aritmetika dengan

U5 = 10  Þ    a + 4b = 21    . . . (1)

U8 = 30  Þ    a + 7b = 33    . . . (2)

                        _____________-

                             -3b = -12

                              b  = 4

Substitusikan b = 4 ke dalam persamaan (1).

a + 4 · 4 = 21

  a + 16 = 21

          a = 21 – 16

          a = 5

Jumlah n suku pertama

Sn = (n/2)(2a + (n – 1)b)

Jumlah 20 suku pertama

S25    = (20/2) (2 · 5 + (25 – 1)4)

          = 10 (10 + 24 · 4)

          = 10 (10 + 96)

          = 10 · 106

          = 1.060

Jadi, jumlah 20 suku pertama adalah 1.060.

 

6.    Diketahui jumlah kelereng merah dan kelereng biru 300 buah. Perbandingan banyak kelereng merah dan kelereng biru 5 : 7. Selisih antara banyak kelereng merah dan kelereng biru adalah . . . .

A.      72

B.      60

C.      56

D.      50

Jawaban: D

Misalkan : m = angka pembanding kelereng merah

                  b = angka pembanding kelereng biru

Perbandingan/rasio

m : b = 5 : 7

m + b = 12

m – b = 2

Selisih =  (m - b)/(m + b) × jumlah kelereng

             =  (2/12) × 300

             =  2 × 25

             =  50

Jadi, selisih kedua kelereng adalah 50.

 

7.    Denah suatu kota menggunakan skala 1 : 25.000, jika dua tempat dalam kota tersebut digambar dengan jarak 20 cm, jarak sebenarnya dua tempat tersebut adalah . . . .

A.      5 km

B.      8 km

C.      50 km

D.      80 km

Jawaban : A

Jarak sebenarnya = jarak pada peta x skala

                              = 20 × 25.000 cm

                              =  500.000 cm

                              = 5 km

Jadi, jarak sebenarnya dua tempat tersebut adalah 5 km.

 

8.    Raihan pergi ke supermarket bersama ibunya. Ia membeli sepasang sepatu seharga Rp180.000,00. Jika supermarket tersebut memberikan diskon 20% dan kemudian potongan harga Rp15.000,00, Raihan hanya membayar sebesar . . . .

A.      Rp144.000,00

B.      Rp137.000,00

C.      Rp129.000,00

D.      Rp123.000,00

Jawaban: C

Harga sepasang sepatu Rp180.000,00

Diskon 20%   = 20% × Rp180.000,00

                      = 2/10 × Rp180.000,00

                      = Rp36.000,00

Besar uang yang harus dibayar Raihan

= Harga sepatu – diskon – potongan harga

= Rp180.000,00 – Rp36.000,00 – Rp15.000,00

= Rp129.000,00

Jadi, Raihan hanya membayar sebesar Rp129.000,00.

 

9.    Bentuk 6x2 + x – 35 dapat difaktorkan menjadi . . . .

A.      (3x + 5)(2x – 7)

B.      (3x – 5)(2x + 7)

C.      (3x + 7)(2x – 5)

D.      (3x – 7)(2x + 5)

Jawaban: D

6x2 + x – 35   = 6x2 + 15x – 14x – 35

                       = (6x2 + 15x) – (14x + 35)

                       = 3x(2x + 5) – 7(2x + 5)

                       = (3x – 7)(2x + 5)

 

10.  Penyelesaian dari sistem persamaan 4x + 5y = 30 dan 6x – 7y = 16 adalah x dan y. Nilai dari 2x – 7y adalah . . . .

A.      4

B.      2

C.      -2

D.      -4

Jawaban: D

Metode eliminasi pada sistem persamaan linear

4x + 5y = 30  (× 3)    12x + 15y       = 90

6x – 7y = 16  (× 2)    12x – 14y       = 32

                               ________________ +

                                                 29y = 58

                                                    y = 2

Substitusi y = 2 ke persamaan 4x + 5y = 30

4x + 5y = 30  Û        4x + 5 × 2 = 30

                                     4x + 10 = 30

                                             4x = 20

                                               x = 5

2x – 7y = 2 × 5 –  7 × 2

              = 10 – 14

              = -4

Jadi, nilai 2x – 7y adalah -4.

 

11.  Diketahui himpunan semesta S = {x | x ≤ 10, x bilangan cacah}

P = {x | x ≤ 10, x bilangan prima}

Q = {x | x faktor dari 24}

P – QC = . . .

A.      {2, 3}

B.      {3, 5}

C.      {5, 7}

D.      {2, 3, 5}

Jawaban: A

S = {0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10}

P = {2, 3, 5, 7}}

Q = {1, 2, 3, 4, 6, 8}

QC = {5, 7, 9, 10}

P – QC = {2, 3}

 

12. Dari 45 pasien yang berobat di klinik SYIFA ternyata 24 orang menderita sakit lambung, 19 orang menderita penyakit diare, dan 5 orang tidak menderita keduanya. Banyak pasien yang menderita kedua penyakit tersebut ada….orang.

A.      3

B.      4

C.      5

D.      6

Jawaban: a


(24 - x) + x + (19 - x ) + 5 = 45

(24 + 19 + 5 ) + ( -x + x - x) = 45

                                  48 - x = 45

                                         x = 3

Jadi, banyak pasien yang menderita kedua penyakit tersebut ada 3 orang.

 

13.  Diketahui himpunan A = {a, b, c} dan B = {1, 2, 3, 4}. Himpunan pasangan berurutan yang merupakan pemetaan dari B ke A adalah . . . .

A.      {(a, 1), (b, 2), (c, 3)}

B.      {(1, a), (2, a), (3, b), (4, c)}

C.      {(1, a), (1, b), (2, a), (3, b), (4, c)}

D.      {(a, 1), (a, 2), (b, 1), (b, 4), (c, 3)}

Jawaban: B

Relasi B ke a dikatakan pemetaan apabila setiap himpunan anggota B mempunyai tepat satu pasangan di B.

Jadi, yang  merupakan pemetaan adalah pilihan B.

 

14.  Fungsi f dinyatakan dengan rumus f(x) = 3x – 1. Jika f(2b + 3) = –4, nilai b adalah . . . .

A.      6

B.      4

C.      –2

D.      –4

Jawaban: C

f(x) = 3x – 1

f(2b + 3) = –4      

3(2b + 3) – 1 = –4

    6b + 9 – 1 = –4

          6b + 8 = –4

                6b = –12

                  b = -12/6

                  b = –2

Jadi, nilai b adalah -2.

 

15.  Gradien garis 6x – 9y – 10 = 0 adalah . . . .

A.      –3/2

B.      –2/3

C.      2/3

D.      3/2

Jawaban: C

6x – 9y – 10  = 0

          9y = 6x – 10

            y = 6/9 x - 10/9

            y = 2/3 x - 10/9   (setara degan y = mx + c)

Jadi, gradien garis adalah 2/3.

 

Demikianlah sekilas materi tentang soal-soal standar ujian sekolah dan ujian nasional Matematika SMP/MTs tentang bilangan dan aljabar. Semoga dapat digunakan untuk belajar.

Terima kasih sudah mengunjungi blog ini.