Berikut ini akan kami berikan kisi kisi atau kerangka asesmen Tes Kemampuan Akademik (TKA) untuk mata pelajaran Matematika tingkat SMP MTs.
Peraturan Kepala Badan Standar,
Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan
Kementerian Pendidikan Dasar dan
Menengah Republik Indonesia
Nomor 047/H/AN/2025 tentang Kerangka
Asesmen Tes Kemampuan Akademik
SMP/MTs/Sederajat
MAPEL MATEMATIKA
|
No. |
Elemen/Materi |
Subelemen/ Submateri |
Kompetensi |
|
1 |
Bilangan |
Bilangan Real |
Memahami, mengaplikasikan, dan
bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait cakupan
subelemen berikut: • Perbandingan dan sifat-sifat
bilangan; • Operasi aritmetika pada
bilangan; • Estimasi/perkiraan hasil
perhitungan; • Faktorisasi prima bilangan asli; • Rasio (skala, proporsi, dan laju
perubahan); serta • Perbandingan senilai dan
berbalik nilai. Batasan/Catatan: Bilangan mencakup bilangan bulat,
bilangan rasional dan irasional, bilangan berpangkat bulat, bilangan akar, dan bilangan dalam notasi
ilmiah. |
|
No. |
Elemen/Materi |
Subelemen/ Submateri |
Kompetensi |
|
2 |
Aljabar |
Persamaan dan Pertidaksamaan Linear |
Memahami, mengaplikasikan, dan
bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait cakupan
subelemen berikut: • Persamaan linear satu variabel; • Pertidaksamaan linear satu
variabel; dan • Sistem persamaan linear dua
variabel; |
|
Bentuk Aljabar |
Memahami, mengaplikasikan, dan
bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait cakupan
subelemen berikut: • Bentuk aljabar dan sifat-sifat
operasinya (komutatif, asosiatif, dan distributif). |
||
|
Barisan dan Deret |
Memahami, mengaplikasikan, dan
bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait cakupan
subelemen berikut: • Barisan berhingga bilangan; dan • Deret berhingga bilangan |
|
No. |
Elemen/Materi |
Subelemen/ Submateri |
Kompetensi |
|
3 |
Geometri dan Pengukuran |
Objek Geometri |
Memahami, mengaplikasikan, dan
bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait cakupan subelemen berikut: • Hubungan antarsudut yang
terbentuk oleh dua garis yang berpotongan, dan oleh dua garis sejajar yang
dipotong suatu garis transversal (termasuk penentuan besar sudut dalam
segitiga); • Teorema Pythagoras; • Kekongruenan dan kesebangunan
bangun datar; serta • Jaring-jaring bangun ruang
(prisma, tabung, limas, dan kerucut). |
|
Transformasi Geometri |
Memahami, mengaplikasikan, dan
bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait cakupan
subelemen berikut: • Transformasi tunggal (refleksi,
translasi, rotasi, dan dilatasi) terhadap titik, garis, dan bangun datar pada bidang. |
||
|
Pengukuran |
Memahami, mengaplikasikan, dan
bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait cakupan subelemen berikut: • Keliling dan luas bangun datar
(daerah segi banyak dan daerah lingkaran, serta daerah gabungannya); serta • Volume bangun ruang (prisma,
limas, dan bola) |
|
No. |
Elemen/Materi |
Subelemen/ Submateri |
Kompetensi |
|
4 |
Data dan Peluang |
Data |
Memahami, mengaplikasikan, dan
bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait cakupan
subelemen berikut: • Perumusan pertanyaan untuk
mendapatkan data, serta penyajian, dan penginterpretasian data; • Penentuan dan penaksiran rerata
(mean), median, modus, jangkauan (range) dari data; serta • Perbandingan ukuran pemusatan
dan ukuran penyebaran beberapa kelompok data. Batasan/Catatan: Penyajian data meliputi diagram batang, diagram
garis, diagram lingkaran, dan tabel. |
|
Peluang |
Memahami, mengaplikasikan, dan
bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait cakupan
subelemen berikut: • Peluang dan frekuensi relatif
dari kejadian tunggal. |
Semoga Bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar