26 November

KIsi-KIsi Soal TKA Matematika SMP MTs _ Kerangka Asesmen Tes Kemampuan Akademik

Berikut ini akan kami berikan kisi kisi atau kerangka asesmen Tes Kemampuan Akademik (TKA) untuk mata pelajaran Matematika tingkat SMP MTs.

Peraturan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan

Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah Republik Indonesia

Nomor 047/H/AN/2025 tentang Kerangka Asesmen Tes Kemampuan Akademik

SMP/MTs/Sederajat

MAPEL MATEMATIKA

   

No.

Elemen/Materi

Subelemen/ Submateri

Kompetensi

1

Bilangan

Bilangan Real

Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait cakupan subelemen berikut:

• Perbandingan dan sifat-sifat bilangan;

• Operasi aritmetika pada bilangan;

• Estimasi/perkiraan hasil perhitungan;

• Faktorisasi prima bilangan asli;

• Rasio (skala, proporsi, dan laju perubahan); serta

• Perbandingan senilai dan berbalik nilai.

Batasan/Catatan:

Bilangan mencakup bilangan bulat, bilangan rasional dan irasional, bilangan berpangkat bulat, bilangan

akar, dan bilangan dalam notasi ilmiah.

 

 

No.

Elemen/Materi

Subelemen/ Submateri

Kompetensi

2

Aljabar

Persamaan dan

Pertidaksamaan

Linear

Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait cakupan subelemen berikut:

• Persamaan linear satu variabel;

• Pertidaksamaan linear satu variabel; dan

• Sistem persamaan linear dua variabel;

Bentuk Aljabar

Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait cakupan subelemen berikut:

• Bentuk aljabar dan sifat-sifat operasinya (komutatif, asosiatif, dan distributif).

Barisan dan

Deret

Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait cakupan subelemen berikut:

• Barisan berhingga bilangan; dan

• Deret berhingga bilangan

  

No.

Elemen/Materi

Subelemen/ Submateri

Kompetensi

3

Geometri

dan

Pengukuran

Objek Geometri

Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan

terkait cakupan subelemen berikut:

• Hubungan antarsudut yang terbentuk oleh dua garis yang berpotongan, dan oleh dua garis sejajar yang dipotong suatu garis transversal (termasuk penentuan besar sudut dalam segitiga);

• Teorema Pythagoras;

• Kekongruenan dan kesebangunan bangun datar; serta

• Jaring-jaring bangun ruang (prisma, tabung, limas, dan kerucut).

Transformasi

Geometri

Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait cakupan subelemen berikut:

• Transformasi tunggal (refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi) terhadap titik, garis, dan bangun

datar pada bidang.

Pengukuran

Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan

terkait cakupan subelemen berikut:

• Keliling dan luas bangun datar (daerah segi banyak dan daerah lingkaran, serta daerah

gabungannya); serta

• Volume bangun ruang (prisma, limas, dan bola)

 

No.

Elemen/Materi

Subelemen/ Submateri

Kompetensi

4

Data dan

Peluang

Data

Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait cakupan subelemen berikut:

• Perumusan pertanyaan untuk mendapatkan data, serta penyajian, dan penginterpretasian data;

• Penentuan dan penaksiran rerata (mean), median, modus, jangkauan (range) dari data; serta

• Perbandingan ukuran pemusatan dan ukuran penyebaran beberapa kelompok data.

Batasan/Catatan:

Penyajian  data meliputi diagram batang, diagram garis, diagram lingkaran, dan tabel.

Peluang

Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait cakupan subelemen berikut:

• Peluang dan frekuensi relatif dari kejadian tunggal.

Semoga Bermanfaat. 

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar