27 July 2018

Trik, Cara Cepat dan Mudah Menyelesaikan Pertidaksamaan Rasional Aljabar Satu Variabel


Kali ini  kita akan membahas cara menyelesaikan pertidaksamaan rasional aljabar satu variabel. Perlu diketahui bahwa penyelesaian pertidaksamaa rasional aljabar tidak sama seperti padaa persamaan rasional yang berusaha untuk menghilangkan faktor-faktor yang sama sehingga diperoleh bentuk persamaan yang sederhana.
Bentuk-bentuk pertidaksamaan rasional seperti berikut.






Karena kita tidak tahu nilai x, kita tidak dapat mengalikan kedua sisi dengan apa pun yang mengandung x. Ingat bahwa jika kita melipatgandakan kedua sisi ketidaksamaan dengan angka negatif, kita perlu mengubah arah ketidaksetaraan. Namun, karena kita tidak tahu nilai x dan tidak tahu apakah penyebutnya positif atau negatif maka kami tidak akan tahu mengalihkan arah ketidaksetaraan atau tidak.
Perlu diingat bahwa bentuk rasional (katakan saja bentuk pecahan) aljabar terdiri atas pembilang dan penyebut. Sehingga untuk menyelesaikan petidaksamaan rasional sebaiknya kita gunakan langkah-langkah berikut.
1. Buatlah bentuk pertidaksamaan menjadi bentuk umum f(x) < 0, f(x) > 0, f(x) 0, f(x) 0. f(x) adalah bentuk rasional aljabar.
2. Buatlah f(x) sebagai bentuk pecahan aljabar (pembilang dan penyebut), lalu faktorkan masing-masing pembilang dan penyebut tersebut.
3. Tentukan titik-titik/selesaian pembauat nol dari pembilang dan penyebutnya.
4. Letakkan titik-titik/selesaian nilai x pembuat nol tersebut pada garis bilangan. Titik-titik tersebut sebagai pembatas perubahan nilai (positif dan negatif) bentuk rasional tersebut.
5.  Temukan batas-batas yang dimaksud dalam pertidaksamaan rasional aljabar satu variabel tersebut.

Lebih jelasnya tentang cara menyelesaikan pertidaksamaan rasional aljabar, perhatikan beberapa contoh soal berikut.











Demikianlah cara menyelesaikan Pertidaksamaan rasional satu variabel.
Untuk yang lain dicoba sendiri ya...




No comments:

Post a Comment