03 February

20 SOAL CERITA SEHARI-HARI YANG BERKAITAN DENGAN OPERASI HITUNG BILANGAN CACAH (BILANGAN ASLI)

Dalam kesempatan ini akan admin berikan beberapa contoh soal cerita tentang operasi hitung bilangan cacah yang berbentuk pilihan Ganda. Berikut adalah 20 soal cerita harian pilihan ganda tentang operasi bilangan cacah untuk siswa SD/MI.
 
1.     Sarah memiliki 245 stiker, lalu temannya Emma memberinya 389 stiker lagi. Berapa jumlah stiker Sarah sekarang?
A)   524
B)   634
C)   684
D)   774
2.     Sebuah perpustakaan sekolah memiliki 1.732 buku, lalu membeli 865 buku lagi. Berapa total buku yang dimiliki perpustakaan tersebut?
A)   2.497
B)   2.587
C)   2.597
D)   2.697
 
 
3.     Jack memiliki 1.500 kelereng, tetapi ia memberikan 725 kelereng kepada temannya. Berapa kelereng yang tersisa?
A)    775
B)   785
C)   825
D)   875
 
4.     Sebuah toko memiliki 2.450 pulpen dalam stok. Setelah menjual 1.236 pulpen, berapa pulpen yang tersisa?
A)   1.214
B)   1.224
C)   1.234
D)   1.244
 
5.     Seorang petani menanam 124 baris jagung, dengan 36 tanaman jagung di setiap baris. Berapa total tanaman jagung yang ditanam?
A) 3.964
B) 4.064
C) 4.264
D) 4.464
 
6.     Sebuah toko roti membuat 85 roti setiap hari. Berapa jumlah roti yang dibuat dalam 12 hari?
A) 920
B) 1.020
C) 1.120
D) 1.220
 
7.     Seorang guru memiliki 1.200 pensil dan ingin membagikannya secara merata kepada 30 siswa. Berapa pensil yang diterima setiap siswa?
A)   30
B)   35
C)   40
D)   45
 
8.     Sebuah toko buku memiliki 2.750 buku yang disusun merata di 50 rak. Berapa jumlah buku per rak?
A)   45
B)   50
C)   55
D)   60

9.     Lisa membeli 4 bungkus pensil, dengan setiap bungkus berisi 12 pensil. Ia memberikan 15 pensil kepada teman-temannya. Berapa pensil yang tersisa?

A)   28
B)   30
C)   33
D)   36
10.  Sebuah pabrik memproduksi 8.400 mainan dalam 7 hari. Berapa mainan yang diproduksi per hari?
A)   1.100
B)   1.150
C)   1.200
D)   1.250
 
11.  Sebuah sekolah memesan 25 kotak krayon, masing-masing berisi 48 krayon. Jika mereka menerima 1.200 krayon tambahan sebagai donasi, berapa total krayon yang dimiliki?
A)   2.300
B)   2.400
C)   2.500
D)   2.600
 
12.  Ada 64 kursi di aula, lalu ditambahkan 27 kursi lagi. Jika setiap baris memiliki 9 kursi, berapa jumlah total baris kursi?
A)   9
B)   10
C)   11
D)   12
 
13.  Seorang petani memanen 5.250 apel tetapi menjual 3.750 apel. Jika apel yang tersisa dikemas dalam kotak berisi 25 apel, berapa banyak kotak yang dibutuhkan?
A)   50
B)   60
C)   70
D)   80
14.  Sebuah pabrik memproduksi 9.600 masker. Setelah mengirimkan 3.200 masker, sisa masker dikemas dalam karton berisi 400 masker per karton. Berapa jumlah karton yang digunakan?
A)   14
B)   15
C)   16
D)   17
 
15.  Kantin sekolah membuat 125 sandwich setiap hari selama 6 hari. Jika mereka membuat tambahan 230 sandwich pada hari terakhir, berapa total sandwich yang dibuat?
A)   950
B)   1.000
C)   1.050
D)   1.100
 
16.  Sebuah stadion memiliki 75 baris kursi, dengan 80 kursi per baris. Jika mereka menambahkan 600 kursi lagi, berapa total kursi yang tersedia?
A)   5.400
B)   5.600
C)   5.800
D)   6.000
 
17.  Sebuah perusahaan memproduksi 9.000 buku tulis tetapi menjual 6.750 di antaranya. Jika mereka mendonasikan sisa buku secara merata ke 15 sekolah, berapa buku yang diterima setiap sekolah?
A)   130
B)   140
C)   150
D)  160
18.  Seorang peternak mengumpulkan 7.800 telur tetapi menjual 5.200 telur. Jika sisa telur dikemas dalam nampan berisi 30 telur per nampan, berapa jumlah nampan yang digunakan?
A)   75
B)   80
C)   85
D)   90
 
19.  Sebuah taman air memiliki 3.500 pengunjung pada hari Senin, 2.850 pada hari Selasa, dan 4.125 pada hari Rabu. Jika 1.200 pengunjung membeli makanan dan minuman setiap hari, berapa jumlah pengunjung yang tidak membeli makanan atau minuman dalam tiga hari?
A)   6.075
B)   6.175
C)   6.275
D)   6.375
 
20.  Sebuah truk membawa 9.500 kg barang. Truk tersebut mengantarkan 2.750 kg di pemberhentian pertama, 3.150 kg di pemberhentian kedua, lalu membagi sisa muatan secara merata ke 10 toko. Berapa kg barang yang diterima setiap toko?
A)   360
B)   380
C)   400
D)   420
 
Demikianlah sekilas materi tentang soal-soal untuk kelas 6 SD yang dapat digunakan untuk berlatih operasi bilangan cacah dalam kehidupan sehari-hari yang dapat kami sampaikan.
Semoga bermanfaat.


No comments:

Post a Comment