08 March

Sekilas UN

Kisi-Kisi UN SD/MI Mata Pelajaran Matematika

Pelaksanaan Ujian Nasional akan diselengarakan sebentar lagi. Oleh karena itu perlu siswa-siswi kelas VI mempersiapkan diri untuk menghadapinya. Harus diketahui bahwa kisi-kisi UN mapel Matematika banyak sekali perbedaan atau perubahan dibandingkan dengan kisi-kisi UN tahun lalu. Jika dihitung sebanyak 14 kisi-kisi atau indikator baru. Selain itu tidak sedikit penggabungan kisi-kisi tahun lalu. Misalnya dua indikator  pada tahun lalu digabung menjadi satu indikator pada tahun 2012 ini. Ada lagi adanya perluasan indikator, yaitu yang tahun lalu bersifat khusus, sekarang lebih umum (luas) cakupannya. Walupun demikian, kisi-kisi UN matematika sangat jelas tujuannya, misalnya menghitung luas, menentukan rata-rata, melakukan oprasi htung campuran bilangan cacah, dan menentukan titik koordinat. Kisi-kisi tersebut sangat mudah diapresiasikan ke dalam  bentuk soal.

Melihat dan mengamati hal tersebut , perlu adanya langkah-langkah yang cermat dan cerdas untuk menyikapi kisi-kisi yang  baru tersebut. Siswa-siswi dan guru harus aktif dalam melaksanakan latihan-latihan soal yang sesuai dengan kisi-kisi UN terbaru. Langkah-langkah yang ditempuh antara lain memperbanyak Tryout bagi siswa-siswi. Dengan adanya banyak latihan maka siswa akan terbiasa mengerjakan soal-soal yang setara dengan soal-soal UN. Selain langkah-langkah di atas, guru juga sangat perlu memberikan penyelesaian soal secara praktis dan tidak bertele-tele. Sebab, pada umumnya soal-soal UN Matematika dapat diselesaikan secara sederhana dan bilangan-bilangannya juga mudah dioperasikan.. Dengan adanya cara praktis atau trik, maka siswa akan mersa mudah dalam menyelesaikan soal.

Oleh karena itu, mari mulai  mempersiapkan siswa-siswi kelas VI dalam menghadapi UN, terutama Matematika. Dengan cara sederhana, praktis dan efisien, yakinlah bahwa keberhasilan siswa-siswi ini akan tercapai.

No comments:

Post a Comment