08 February

Berkarya dengan Menulis Naskah atau Buku



Menulis Naskah Menjadi Buku

Siapa bilang membuat buku itu sulit? Coba lihatlah, sekarang banyak buku yang beredar di pasaran. Itu membuktikan bahwa membuat buku itu mudah.
Jika Anda hobi menulis (menulis apa saja dech), dan ingin membuat menjadi buku, itu sangat mungkin. Sekarang jamannya sudah canggih, hanya saja yang malas yang nggak berhasil.

Apa manfaat jika Anda sudah berkarya membuat buku, dan nama Anda tertera di buku? Oh, tentu banyak sekali, antara lain dari segi social buku Anda memberikan manfaat bagi pembaca. Dari segi ekonomi, buku Anda bisa dijual dan mendapatkan penghasilan. Dari segi kepribadian, nama kamu sudah banyak yang mengenal. Dan masih banyak yang Anda peroleh.

Nah sekarang sudah siapkah Anda untuk membuat karya berbentuk buku? Coba diam dan pikirkan ide apa yang akan Anda tumpahkan dalam bentuk buku. Yang jelas ide-ide atau sesuatu itu yang Anda sukai dan kuasai.

Bagaimana Cara menjadikan ke bentuk buku?
Naskah yang Anda buat dan tulis bisa dikirimkan ke penerbit atau di cetak sendiri. Jika naskah Anda akan dicetak sendiri maka Anda harus melakukan sendiri atau minta bantuan jasa orang lain. Namun demikian, hal ini sangatlah mudah.

Bagaimana Pemasarannya?
Sekarang banyak distributor buku yang ada di sekitar kita. Coba Anda manfaatkan jasa distributor tersebut. Biasanya system yang digunakan adalah persentase nilai/harga buku. Distributor mempunyai banyak jaringan tok-toko buku di Indonesia. Jadi Anda tidak perlu memasarkan sendiri. Jika Anda mencetak 5.000 eksemplar, serahkan buku-buku tersebut ke distributor. Anda akan mendapat laporan penjualan setiap bulannya. Dan tentunya Anda mendapatkan transferan hasil penjualan tersebut.

Mudah bukan? Selamat memulai sekarang juga.



No comments:

Post a Comment