09 January

Hasil Ujian (UN) Jenjang SMP/MTs. Tahun 2013/2014 Mapel Matematika

Hasil Ujian Nasional SMP/MTS 2013/2014 pada mata pelajaran Matematika menunjukkan bahwa rata rata nilainya berkisar antara 5 sampai dengan 6 komasekian. Masih sedikit yang mendapat nilai 7. Berdasarkan laporan hasil UN yang dikeluarkan BSNP Kemendikbud RI, untuk nilai UN Matematika hanya ada 4 provinsi (dari 34 provinsi) yang nilai rata-ratanya mencapai 7. Lainnya masih dibawahnya.

Berikut gambaran secara umum nilai rata-rata UN Matematika SMP/MTS tahun 2013/2014
Di pulau Sumatra, nilai UN matematika tertinggi 7,59 (Sumatra utara) dan terendah 4,05 (Bengkulu).
Di Pulau Jawa nilai UN Matematika tertinggi 7,02(DKI Jakarta) dan terendah 5,35 (Banten).
Di Pulau Kalimantan nilai UN Matematika tertinggi 6,70 (Kalimantan Selatan) dan terendah 5,15 (Kalimantan Timur).
Di Pulau Bali dan Tusa Tenggara nilai UN Matematika tertinggi 6,98 (Bali) dan terendah 5,03 (NTT).
Di Pulau Sulawesi nilai UN Matematika tertinggi 6,80 (Sulawesi Utara) dan terendah 5,58 (Gorontalo).
Di Pulau Maluku dan Papua nilai UN Matematika tertinggi 7,02 (Papua Barat) dan terendah 6,39 (Papua).

Dengan melihat hasil tersebut, nampak bahwa nilai tersebut mashi dibawah dibanding dengan tahun sebelumnya. dengan kata lain nilai UN Matematika ini turun. Mengapa? Jika dilihat  dari soal-soal yang diujikan tidak berbeda dengan soal-soal tahun sebelumnya. tingkat kesulitannya pun masih sama dengan UN tahun sebelumnya. Mungkin kecenderungan turunnya nilai UN matematika ini karena masih banyak siswa yang kurang latihan mengerjakan soal-soal standar UN. Hal ini ditunjuukannya dengan nilai UN tersebut. Selain itu, masih banyak siswa yang kurang paham dengan materi-materi yang diujikan di UN.

Di tahun 2015 nanti soal-soal Ujian Nasional (UN) mengacu kisi-kisi yang sudah ditetapkan oleh pemerintah melalui BSNP. Dan kisi-kisi UN tahun 2015 nanti sama dengan kisi-kisi SKL tahun sebelumnya. Jadi, seharusnya siswa bisa memulai sekarang dalam belajar untuk menghadapi UN. Pelajarilah konsep-konsep dasar Matematika yang menggaris bawahi permasalahan pada soal. Selesaikan dengan runtut dan cermat.
selamat belajar.

No comments:

Post a Comment