13 January

Tips Menghadapi Ujian Nasional (UN)

Ujian Nasional merupakan suatu bentuk ujianyang mengukur sampai dimana kita mempelajari materi dari kelas 1-6 (SD) dan kelas 1-3 (SMP dan SMA). Ujian Nasional mempunyai nilai staandar yang merupakan batas dimana kita lulus sekolah atau tidak. Jadi ini merupakan evaluasi total materi yang sudah dipelajari oleh siswa. 

Kadang kala UN dipandang sebgai hal yang menakutkan karena nilainya mempengaruhi kelulusan atau tidaknya ditentukan oleh UN yang waktunya 3 hari atau 4 hari saja. Anda tidak perlu takut dengan UN, mengapa? pada Ujian Nasional 2015  ini, nilai UN hanya mempunyai peran yang tidak mutlak dalam kelulusan UN. walaupun demikian nilai UN merupakan jembatan untuk menentukan arah atau sekolah yang lanjutan Anda. Tentunya Anda menginginkan sekolah yang bagus bukan? 

Perlu Anda ketahui, jika nilai UN asli anda baik, Anda akan mudah menemukan sekolah yang Anda Inginkan. Jadi, anda harus berusaha untuk mendapatkan Nilai UN Asli yang baik dan memuaskan. Untuk mendapatkan hasil yang baik itulah Anda harus bisa memanajemen waktu dan diri Anda sendiri.

Berikut tips-tips menghadapi Ujian Nasional (UN).
1. Mempersiapkan diri secara matang
 Persiapkan diri kamu dan jagalah kesehatan. Jika Anda sehat maka Anda akan selalu enak jika melakukan berbagai kegiatan.

2. Siapkan Materi untuk belajar
 Mempersiapkan materi untuk bekal ujian akan menambah referensi belajar kamu, Carilah materi-materiyang menunjang Materi Ujian, misalnya buku-buku kumpulan  soal ujian Nasional dan soal -soal prediksi UN.

3. Belajar kelompok
Belajar kelompok sangat penting Anda lakukan. Anda dapat saling bertanya jawab dan bertukar pikiran kepada teman-temanmu. Disini Anda bisa saling mengingatkan materi yang mungkin ANda lupa. Sebab dengan metode ini daya ingatnya lebih lama.

4. Ikutilah program belajar di sekolah secara baik
Biasanya menjelang Ujian Nasional di sekolah-sekolah mulai melaksanakan tryout UN atau uji coba UN di sekolah. Nah, ini kesempatan baik untuk Anda untuk mengukur kemampuan Anda dalam menghadapi Ujian Nasional. Pada umumnya soal-soal yang digunakan pada Tryout atau uji coba hampir mirip dengan soal-soal Ujian Nasional. Nilai yang diperoleh di tryout merupakan hasil pengukuran Anda belajar.

5. Perbanyak mengerjakan soal-soal latihan UN
Soal-soal Ujian Nasional dari tahun ke tahun secara garis besar setipe dengan soal-soal UN tahun-tahn sebelumnya. Manfaatkan soal-soal UN tahun sebelumnya untuk latihan. kalo kebetulan rumusnnya lupa, kamu bisa membuka buku catatan atau buku paket. Tapi ingat, besok pada Uian Nasional sebenarnya Anda tidak boleh membawa buku.

6. Ibadah yang rajin dan mohon doa kepada yang Maha Kuasa
Ini penting dan jangan sekali-kali meninggalkan perintah-Nya. selalu berbuat baik dan berdoa agar dibri petunjuk dalam mengerjakan Ujian Nasional. Mintalah yang setinggi-tingginya karenaTuhan maha kaya dan kuasa atas segala sesuatu.

7. Minta restu dari orang Tua
Berbaktilah kepada orang tua Anda dan janganpernah menyakitinya. Buatlah kedua orang tua Anda selalu senang. Mintalah restu kepada kedua orang tua untuk keberhasilan Anda. Bahwasanya doa orang tua itu sangan mujarab. Jadi, mintalah kepada orang tua Anda untuk selalu mendoakan Anda dalam mengerjakan sesuatu hal yang baik.

Itulah tips menghadapi Ujian Nasional. Yang jelas Anda harus berusaha, doa, dan tawakal (berserah diri kepada Allah).

Salam sukses

No comments:

Post a Comment