06 January

TRIK SULAP MATEMATIKA

TRIK SULAP Menggunakan ANGKA 1 Sampai 9

Alat : siapkan 9 papan/kartu, dengan setiap  kartu di belakangnya dituliskan angka 1,2,3,4,5,6,7,8,9

1. Panggillah 3 orang sukarelawan, setiap sukarelawan diberi 3 papan/kertas angka tersebut yang angkanya ditentukan oleh Anda tanpa sepengetahuan sukarelawan.

2. Misal untuk orang pertama, Anda beri papan/kertas bernomor 3,6,7. Orang kedua diberi papan/kertas bernomor 8,1,2. Dan orang ketiga beri papan nomor 9,4,5. Dengan posisi angka tidak terlihat oleh sukarelawan supaya sukarelawan tidak terlalu curiga bahwa papan yang diberikan telah ditentukan oleh anda.

3. Kemudian suruhlah ketiga sukarelawan memilih dan menyebutkan satu angka yang mereka suka dari papan yang mereka miliki. Misalkan orang pertama memilih 7, orang kedua memilih 1, dan orang ketiga memilih 5, dan sukarelawan disuruh mengurutkan menjadi bilangan tiga angka (bilangan ratusan). Berarti dalam kasus ini urutan angkanya 715. Suruh mereka untuk melupakan atau membuang papan/kertas angka yang sudah dipilih.

4. Berilah lagi sukarelawan tugas yang sama yaitu memilih dan menyebutkan lagi angka yang belum dipilih, misalkan orang pertama memilih angka 3, orang kedua memilih angka 8, dan orang ketiga memilih angka 4. Urutannya menjadi 384. Suruh mereka melupakan atau membuang lagi papan angka yang sudah dipilih.

5. Dan terakhir suruh sukarelawan menyebutkan satu angka yang tersisa. Yaitu orang pertama membawa papan/kartu berangka 6,orang kedua membawa kartu berangka 2, dan orang ketiga membawa kartu berangka 9. Jika diurutkan menjadi 629.

6. Ingatkan kepada sukarelawan bahwa angka dipilih sesuai keinginannya sendiri…

7. Kemudian Jumlahkan ketiga hasil tersebut. 715+384+629=1728, diperoleh hasil 1728. Walaupun hasil pilihan sukarelawan berbeda dengan contoh ini pasti jumlah hasil akan selalu 1728.

Kunci dari trik ini adalah Penjumlahan Tiga Angka. Perhatikan sukarelawan 1, 2 dan 3. Angka yang dibawa sukarelawan 1 bertindak sebagai Ratusan(7+3+6). Angka yang dibawa sukarelawan 2 bertindak sebagai Puluhan(1+8+2). Angka yang dibawa sukarelawan 1 bertindak sebagai Satuan(5+4+9). Hasil penjumlahan dilakukan seperti Penjumlahan Tiga angka. Mudah kan?
Jadi, Angka-Angka tersebut dapat ditukarkan biar bervariasi.

Itulah Trik dan Tips Sulap Matematika dengan Angka.

No comments:

Post a Comment