10 March 2016

Menentukan Nilai Limit Fungsi Trigonometri

Limit fungsi trigonometri dipelajari di kelas 11. Setelah mempelajari limit fungsi aljabar , selanjutnya mempelajari limit fungsi trigonometri.
Beberapa rumus dan teorema mengenai limit fungsi trigonometri sebagai berikut.















Beberapa bentuk limit fungsi trigonometri yang lain adalah sebagai berikut.









 

Untuk lebih jelasnya, perhatikan beberapa contoh soal dan pembahasannya berikut ini.

Contoh 1















Contoh 2


Limit fungsi trigonometri di samping, jika nilai 0 disubstitusikan langasung, maka hasilnya 0/0 (tak tentu). Oleh karena itu diubah ke bentuk dasar limit trigonometri yang menggunakan sifat-sifat limit trigonometri.
Urutan langkahnya seperti di samping.







Contoh 3


Limit fungsi trigonometri di samping, jika nilai 0 disubstitusikan langasung, maka hasilnya 0/0 (tak tentu). Oleh karena itu diubah ke bentuk dasar limit trigonometri sudut ganda.Urutan langkahnya seperti di samping.










Contoh 4


Limit fungsi trigonometri di samping, jika nilai 0 disubstitusikan langasung, maka hasilnya 0/0 (tak tentu). Oleh karena itu bentuk kosinus sudut ganda diubah menjadi bentuk kuadrat sinus. Urutan langkahnya seperti di samping.










Contoh 5



Limit fungsi trigonometri di samping, jika nilai 0 disubstitusikan langasung, maka hasilnya 0/0 (tak tentu). Oleh karena itu pada pembilang, selisih kosinus diubah menjadi perkalian sinus. Urutan langkahnya seperti di samping.











Contoh 6



Limit fungsi trigonometri di samping, jika nilai 0 disubstitusikan langasung, maka hasilnya 0/0 (tak tentu). Oleh karena itu pada pembilang identitas 1 diubah menjadi jumlahan kuadrat sinus dan kosinus. Urutan langkahnya seperti di samping.




















Contoh 7
























Contoh 8
























Demikian Sekilas tentang cara menentukan nilai limit Fungsi Trigonometri.
Semoga Bermanfaat.



No comments:

Post a Comment