30 August 2015

Mengapa les Privat Lebih Efektif?

Bagaimana hubungan Sekolah dan Bimbingan belajar?
Sekarang ini banyak lembaga bimbingan belajar yang tersebar di seluruh nusantara ini. Tujuan utama dari seluruh bimbingan belajar yaitu ikut membantu mencerdaskan bangsa(pelajar/siswa). Banyak hal-hal yang ditawarkan oleh bimbimngan belajar sedemikian hingga menarik siswa untuk ikut bimbingan belajar.
Memang sekarang ini pelajaran-pelajaran di sekolah semakin meningkat tingkat kesulitannya. Bukan pendidikan kalau ilmu pengetahuan cuma hanya itu-itu saja. Jadi, tidak salah jika sekolah-sekolah memberikan materi-materi yang baru asalkan masih terangkum dalam kurikulum yang berlaku saat ini.
Itupun materi yang ditambahkan tidak terlalu banyak. Jadi, tidak ada sekolah yang salah dalam memberikan pelajaran kepada siswa. Perlu diketahui pula,apabila siswa secara kidmat mengikuti pelajaran di sekolah, saya yakin bahwa siswa tersebut dapat  mengikuti alur pelajaran/pendidikan hingga tuntas.

Perlukah menambah jam belajar di bimbel?
Perlu diketahui bahwa jam belajar di sekolah terbatas. Materi yang harus diselesaikan siswa selama satu tahun sudah di siapakan sesuai kompetensinya. Jadi memang tugas guru untuk mengatur jadwal dan materi/kompetensi selama satu tahu. Kuncinya di sini adalah guru harus melaksanakan tugasnya sebaik-baiknya. 
Mengenai tambahan jam belajar di bimbel itu tergantung siswa. Bilamana materi di sekolah belum jelas, siswa bisa belajar di luar sekolah. Misalnya di bimbel-bimbel terdekat atau les privat. Perlu diketahui bahwa saat ini banyak bimbel-bimbel yang ada di sekitar kita. baik dari yang tingkat rumahan sampai dengan lembaga. Jadi, memang perlu bimbingan belajar di luar apabila siswa belum menguasai materi di sekolah.



Mana yang lebih baik, Privat atau Klasikal?
Permasalahan tentang baik atau tidaknya bimbingan belajar model privat atau klasikal tergantung dari siswanya. Kedua bentuk tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya. Model klasikal adalah model bimbingan di dalam kelas yang diikuti bisa lebih dari 20 orang, kadang mencapai 40 orang per kelas. Adapun kalo les privat satu atau dua siswa langsung  berhadapan dengan guru.
Kelebihan bimbingan kelas/klasikal.
1. Biaya lebih murah
2. Banyak berinteraksi dengan teman sekelas
3. Materi yang disampaikan sesuai target kelas
Kekurangan
1. Ketenangan/kenyamanan kurang maksimal, kadang ada beberapa anak yang masih ramai.
2. Kesempatan siswa untuk bertanya kepada tentor sangat sedikit karena banyaknya siswa di dalam kelas.
3. Kadang-kadang penyampaian materi oleh tentor kurang jelas karena suasana kelas yang kurang mendukung.
4. Waktu bimbingan kadang kurang efektif/maksimal.
5. Siswa harus datang ke tempat bimbel sesuai waktu yang sudah ditentukan oleh bimbel. (membutuhkan waktu perjalanan, cuaca kadang-kadang hujan, dll)

Kelebihan Les Privat
1. Bimbingan dilaksanakan secara efektif dengan tentor.
2. Siswa langsung bertanya jawab dengan tentor tentang hal-hal yang kurang jelas.
3. Tentor langsung memberikan jawaban atas pertanyaan siswa.
4. Suasana pembelajaran lebih enjoi, bersahabat, tenang dan fokus ke materi.
5. Bisa belajar di rumah dengan mengundang tentor dan waktu yang sesuai keinginan siswa. 



Kekurangan:
Mugkin biaya yang lebih mahal dari bimbingan klasikal. Namun demikian, Privat ini lebih mengenai sasaran dan hampir tidak mempunyai resiko yang besar. Dengan kata lain. justru privat ini lebih menguntungkan dari segi waktu, biaya, dan tenaga.


Masih ada lagi selain privat dan klasikal, yaitu kelompok belajar.
Jika siswa mempunyai kellompok belajar yang terdiri atas 4 atau 5orang, bisa saja mengundang tentor untuk membimbing belajar. Bentuk belajar ini juga lebih efektif dan cenderung lebih baik dibandingkan dengan klasikal.
Model kelompok ini memang ideal untuk belajar. Hanya saja pelaksanaannya harus kesepakatan anggota kelompok tersebut. Begitu juga tentornya.

Nah, dari keterangan di atas, pilihan metode bimbingan belajar yang baik menurut Anda adalah pilihan Anda.



Imath Solution

No comments:

Post a Comment